Berita

Smart parenting “ Orang tuaku Idolaku” Launching 1000 buku karya siswa , Students Exchange To Malaysia dan Pencak Silat Banyuwangi Internasioanl Championship 1

Smart parenting “ Orang tuaku Idolaku”

Launching 1000 buku karya siswa , Students Exchange To Malaysia dan Pencak Silat Banyuwangi Internasioanl Championship 1

“Buku adalah jendela dunia. Buku adalah gudang ilmu.”

Mungkin kita sering menemukan dua ungkapan tersebut. Namun, makna dari pernyataan itu akan menguap sia-sia saat tidak membaca buku. Jika dibiarkan, bukankah segala pesan yang tergurat dalam buku itu tak akan sampai?

Semua ilmu yang sejatinya dapat memperkaya pengetahuan tidak akan ke mana-mana bila hanya tersimpan rapat-rapat dalam halaman demi halaman buku tersebut. Lebih jauh, membaca buku termasuk salah satu kegiatan yang menghasilkan banyak manfaat bagi para pembacanya

Tepat pada hari sabtu 25 Januari 2020 SD Al Kautsar Kota Pasuruan Melaunching 1000 karya siswa – siswi kelas 5 di Gedung Pertemuan Gradhika Bhakti Praja . Dari 1000 buku tersebut terbagi 4 Judul dari masing – masing rombel mulai dari kelas 5 A sampai kelas 5D judul buku tersebut antara lain, 1. 5a Orang tuaku idolaku, 2. 5 b sahabat terbaik , 3. 5c kenangan yang terindah 4.5d Aku anak Hebat

Selain parenting dan Launcing 1000 buku karya siswa juga di launching SD Al Kautsar Go Internasioanl dengan program Student Exchange to Malaysia yang akan di laksanakan pada tanggal 24 – 26 Februari dan pertandingan pencak silat internasional Banyuwangi championship 1 pada tanggal 14 – 16 Februari yang akan mengirimkan 40 Atlit tapak suci yang akan di dari SD Al Kautsar.

Turut hadir pula Ibu Ir.Hj Siti Zuniati, MM Selaku Kepala Dinas Pendidikan Kota Pasuruan, Ibu. Hj. Nanik Pujiati, M.Pd Selaku Pengawas SD dan Juga jajaran Pimpinan Daerah Kota Pasuruan Bpk. H. Abu Natsir. M.Ag ketua PDM Kota Pasuruan,Bpk. H. Muhammad Baidowi. M.Pdi Ketua Majelis Dikdasmen, Bpk. Drs. M. Fathoni  Bpk. H. Jainuri Alif. Bapak H. Khomar, Ustad Anang Abdul Malik dan Bapak Arifin Ahmad, seluruh tamu undangan dari Wali murid kelas 1 – 6 yang berjumlah 1000 ditambah perwakilan dari guru TK yang turut memeriahkan acara.  

Tepat pukul 07.00 acara dimulai dengan brebagai penampilan pra acara dari siswa – siswi SD Al kautsar dengan berbagai tampilan antara lain, Karawitan marsudi laras SD Al Kautsar di yang di bimbing oleh Bpk Hadi Santoso dengan pelatih bapak Imam Prayogo, selanjutnya albanjari, tartil Al Qur’an menari, menyanyi, tapak suci dan Asmaul Husna yang seluruhnya adalah kegiatan Ekstrakurikuler yang ada di SD Al Kautsar. Di acara selingan juga di nyanyikan lagu yang berjudul Ibu Oleh Ananda Nur Jihan Qonita Kamila Kelas 6.

Sambutan Bpk. Suyatno, S.Pd Kepala SD AL Kautsar Kota Pasuruan SD Al Kautsar adalah sekolah kita semuanya karena sekolah ini milik kita bersama, SD Al Kautsar juga sedang membangun Aula yang akan digunakan untuk gedung pertemuan. Kepada Ibu Kepala Dinas Kota Pasuruan beliau menyampaikan mohon Ijin SD AL Kautsar untuk mengadakan Students Exchange To Malaysia, dan kedepan juga bisa jadi Umroh Bersama. Suyatno, Menyampaikan “terima kasih yang tak terhingga kepada seluruh Wali Murid yang telah mendukung berlangsunganya Pendidikan di SD AL Kautsar ini Hingga menjadi  seperti sekarang ini” 

Berikutnya Sambutan Ibu. Ir. Hj. Siti Zulianti, MM Kepala Dinas Pendidikan Kota Pasuruan, Pendidikan itu ada tiga pilar, yaitu Sekolah, Wali murid dan Siswa, yang namanya guru bukan manusia super mereka juga  memiliki kekeurangan maka dari itu dari 3 pilar tersebut harus saling mendukung, orang tua juga harus memiliki tagung jawab terhadap pendidikan anaknya. Orang tua juga harus memantau jam belajar anak anak, dunia pendidikan peran orang tua sangat penting. SD Al Kautsar sudah menindak lanjuti dari Permendikbud tersebut. Apalagi dunia HP sangat memepengaruhi perilaku anak. Kita tidak boleh melempar tanggung jawab maka dari itu orang tua juga harus mendukung terhadap kegiatan di sekolah. Hal ini berjalan dengan baik jika tiga pilar tersebut harus seimbang.

Dukunangan keluarga untuk pendidikan sangat di perlukan, apalagi sampai menghasilakn buku karya dari siswa – siswi. Saya mohon kepada bapak ibu wali murid untuk membantu dunia Pendidikan di Kota Pasuruan dengan mencontoh dengan kota lain supaya kita semakin berbenah mutu dan kualitas.  

Pukul 09.30  bapak Raharto Teno Prasetyo, ST selaku Plt. Wali Kota Pasuruan tiba di gedung untuk membuka acara dan disambut oleh, Bapak Kepala Sekolah, Ketua PDM dan Mas Mario Inriwnysah. Dalam pendidikan anak waktu yang paling besar adalah bersama keluarga peran orang tua juga memonitor perkembangan pendidikan anak. Anda semua tidak salah menitipkan putra –putrinya di SD Al Kautsar. Di SD Al kautsar bisa memonitoring semua kegiatan anak melalui Android yang tidak kalah dengan kota – kota besar, “Kepada anak dan sekolah yang mau ke Malaysia titip jaga nama baik SD Al Kautsar titip jaga nama baik kota pasuruan” tutur Raharto Teno Prasetyo. Selanjutnya pemeberian penghargaan kepada 20 penulis terbaik oleh Bapak. Rahato Teno Prasetyo dan Ibu Siti Zulianti Kepala dinas Pendidikan.

launching 1000 buku karya siswa oleh Bapak Hanif Asyhar, M. Pd, C.H, C.Ht ( Praktisi Parenting Nasional, Konsultan Pendidikan dan Penulis ), Penulisan buku tersebut juga di lombakan masing – masing kelas di ambil 5 penulis terbaik  1. Sahabat Terbaik  yaitu, Muhammad Wildan Ronni Budihartanto, Shahrivar Gavin Al Taftazani, M. Wafdan Zufar N. M, Diana Nuriyah, Rahmadi Figantara

2. Aku Anak Hebat, Cindi callista aprilia, Muhammad aqil sirojuddin, Faiqotul millah, Moreno zaldy

nabil ardis,Rafif andra ananta 3. Orangtuaku Idolaku, Almira Shiva, Akhmad Danial Muzzaqi, . Abdul

Qodir Akbar, Anike Mischel Novelisa, Ghaida Karen Tsuraya 4. Kenangan yang Terindah, Ahmad Muhajir, Wulan Ayudya Putri Wicaksono, Hisyam Aura Listiawan, Syan Muhammad Dzakiy, Muhammad Parikesit Suripto.

Pemateri berikutnya motivasi Oleh Mas Mario Irwinsyah Motivator Hijrah dan Aktor Nasional. Moto dari Mas Mario ini Terang Jakarta generasi Muda hijrah karena Allah. Kita adalah orang orang yang di pilih oleh Allah sehingga bisa hadir di acara yang mulia ini dan Yang saya syukuri adalah yang hadir hari ini selain ibu ibu ternyata bapak nya juga banyak tutur Mario,  mari kita saling mengingatkan karena sebenarnya ilmu yang terbaik sudah ada di dalam Al Qur’an kenapa  antara orang anak – anak dengan orang dewasa ada perbedaan dalam bersosialisai jika anak anak akan mudah berkenalan satu dengan yang lain tetapi orang dewasa akan sangat susah. Mari kita saling mengucapkan salam Barang siapa yang mengucapkan salam dahulu akan mendapatkan rumah di syurga.Mari kita cermati jika  anak memakan kue busuk paling lama di rumah sakit 1 bulan, tetapi jika anak – anak menonton film kartun yang tidak masuk akal kenapa kita biarkan itu akan mempengaruhi otaknya.

Penulis (Choiruman)

Write a comment