SEKOLAH UNGGULAN AL KAUTSAR KOTA PASURUAN SERUNYA BELAJAR DI BHAKTI ALAM KABUPATEN PASURUAN

Penyerahan Cindera Mata Oleh Bpk, Mustakim, S.Pd.I

 

DSCN4631

Pagi itu senin 20 Maret 2017 semua siswa-siswi kelas 2 datang ke Sekolah mengenakan pakaian Olah raga. Agenda sekolah hari itu Kegiatan Tengah Semester atau yang lebih dikenal dengan KTS, agenda pembelajaran yang selalu dinanti-nanti oleh para siswa, pembelajaran mengenal alam secara langsung. Sebelum berangkat, peserta yang terdiri dari 140 siswa kelas 2 berkumpul di halaman untuk mendapat pengarahan dari Bapak Kepala Sekolah, Suyatno,S.Pd  dan bapak Mustakim,S.PdI sebagai wakil kepala sekolah. Acara dilanjutkan dengan absensi dan doa yang dipimpinoleh bapak Akhmad Muklason, S.Pd.I, guru Agama Islam SD Al Kautsar Kota Pasuruan. Setelah itu semua peserta menuju bus masing-masing sesuai dengan ketentuan yang telah diatur panitia.

Perjalanan memakan waktu 1,5 jam ditempuh dari dari kota Pasuruan menuju Ngembal kabupaten Pasuruan. KTS kali ini dilaksanakan di Agrowisata Bhakti Alam, desa Ngembal Kecamatan Tutur – Nongkojajar Kabupaten Pasuruan Jawa Timur. Sebuah lokasi yang berada di ketinggian 450 sampai dengan 550 mdpl (meter diatas permukaan laut) dan dirintis sejak tahun 1998

Kegiatan diawali dengan fun game. Keseruan pun dimulai, berbagai game dikemas menarik sehingga peserta tampak antusias. Serangkaian kegiatan edukasi berikutnya :

  1. Proses Pengolahan Susu Pasteurisasi
  2. Pembuatan Yoghurt
  3. Praktek Pemerahan Sapi
  4. Pemanfaatan Biogas
  5. Praktek Okulasi Tanaman
  6. Praktek membajak sawah menggunakan kerbau
  7. Praktek penanaman padi

 

Praktek pemerahan sapi

CIMG3254

Mencicipi melon Gold

CIMG3314

Sungguh banyak ilmu baru yang didapat hari ini. Setelah menerima banyak materi dan juga praktek, peserta diajak untuk keliling kebun menggunakan kereta wisata didampingi oleh pemandu kebun yang menjelaskan berbagai macam jenis tumbuhan yang ada di Agrowisata Bhakti Alam. Kegiatan diakhiri dengan flying fox.

 

Menikmati susu sapi

CIMG3285

Foto bersama di depan pintu masuk Bhakti Alam

DSCN4592

Game seru

DSCN4657

Seruuuuu, banyak manfaat yang diperoleh hari ini, pembelajaran di luar kelas atau yang disebut dengan Kegiatan Tengah Semester benar-benar memberi pengalaman yang bernilai bagi murid. Kegiatan ini tak berhenti di Bhakti Alam, setelah kembali ke Sekolah siswa harus membuat laporan sesuai dengan kelompok yang telah ditentukan.

Post author

Leave a Reply