Berita

SD AL KAUTSAR PASURUAN GO INTERNASIONAL (STUDENT EXCHANGE MALAYSIA)

SD Al Kautsar Go Internasional adalah sebuah Program unggulan sekolah yang merupakan bentuk kerjasama antara orang tua murid dengan sekolah serta rekomendasi Pemerintah Daerah Kota Pasuruan dan bentuk apresiasi dari Dinas Pendidikan Kota Pasuruan.

Program ini sangat bermanfaat untuk mengedukasi serta rekreatif bagi siswa-siswi SD Al Kautsar Pasuruan. Program ini bertujuan untuk melakukan pertukaran dan pertunjukan budaya serta menyambung silaturahmi antar bangsa. Mereka dapat pengalaman baru dalam perjalanan menuju negara tetangga dan mendapat ilmu yang bermanfaat di Malaysia.

Anak-anak sangat bersemangat saat mengetahui bahwa hari itu, tanggal 17 Februari akan berangkat ke Malaysia. Dengan perasaan yang gembira, 27 siswa didampingi 7 guru dan 5 wali murid, berangkat menuju bandara Juanda, Surabaya. Di Bandara Juanda, rombongan menerima bag tag, boarding pass, cocard tanda kepesertaan serta immigration form of singapore dan passport.

Setelah 2 jam perjalanan menggunakan pesawat, sampailah rombongan SD Al Kautsar Pasuruan di bandara International Malaysia. Keluar dari bandara, mereka menuju Putra Jaya Tour untuk melaksanakan sholat bersama di masjid putra jaya dan makan siang di lokal restourant. Putra Jaya merupakan pusat administrasi pemerintah Malaysia menggantikan Kuala Lumpur sejak tahun 1999. Selanjutnya, perjalanan menuju ke Batu Cave untuk City explore and observation dan tidak lupa untuk mampir ke tempat oleh-oleh souvenir. Lalu rombongan menuju Genting Skyway, Malaysia. Genting skyway merupakan tempat wisata yang cukup terkenal di Malaysia, disana terdapat kereta kabel (gondola) yang siap dinaiki untuk melihat Genting Highland dari ketinggian tanpa terhalang apapun. Rombongan SD Al Kautsar Pasuruan bertadabur alam dengan menikmati pemandangan alam Malaysia diatas gondola. Setelah itu, rombongan SD Al Kautsar Pasuruan menuju hotel untuk beristirahat.

Hari ke 2, tanggal 18 Februari 2020, rombongan SD Al Kautsar Pasuruan berangkat menuju sekolah tujuan pertama yaitu Sekolah Kebangsaan, Lereh, Malaka.

Setibanya di Sekolah Kebangsaan Lereh Melaka, rombongan SD Al Kautsar Pasuruan disambut dengan meriah, banyak siswa/siswi serta guru berbaris menyapa dengan gembira. Rombongan SD Al Kautsar Pasuruan mendapat sambutan dari Kepala Sekolah dan Dinas Pendidikan Melaka. Siswa – siswi SD Al Kautsar Pasuruan melakukan pertukaran budaya Indonesia yang penuh dengan kreatifitas, yaitu seni bela diri tapak suci, tari garuda nusantara serta tidak lupa dengan tari Gemu Famire yang riang dan bersemangat. Beberapa siswa kami berkeliling ke kelas-kelas untuk unjuk kebolehan dalam bidang robotik. Tidak hanya itu siswa kami yang tergabung dalam Tim Futsal SD Al Kautsar Pasuruan bertanding dengan Tim Futsal SK Lereh Melaka. Berkat kerja tim yang baik dan latihan rutin SD Al Kautsar Pasuruan mendapat juara 2 dan 3.

Setelah kunjungan ke Sekolah Kebangsaan Lereh Melaka, rombongan melanjutkan menuju Bandar Malaka Tour bersejarah yaitu ke kampung Hang tuah, Hang Lekir, Hang Jebat, Red House dan ke kapal laksamana Cheng Hoo.

Sepanjang perjalanan hari kedua ini, kegiatan di sekolah tujuan yaitu Sekolah Kebangsaan Lereh Melaka sangat berkesan dan menarik. Kunjungan  ke tempat bersejarah juga meninggalkan kesan yang mendalam serta ilmu yang bermanfaat tentang sejarah karena anak – anak bisa melihat secara langsung bangunan – bangunan bersejarah peninggalan zaman.

Hari ke 3, tanggal 19 Februari 2020 yang juga merupakan hari terakhir kunjungan ke Malaysia, rombongan SD Al Kautsar Pasuruan menuju sekolah tujuan kedua yaitu Sekolah Kebangsaan Seri Bintang Utara, Kuala Lumpur. Di sekolah kedua ini, rombongan SD Al Kautsar Pasuruan juga disambut dengan meriah. Mereka bersalaman dan saling mengenalkan diri serta tidak lupa dengan bertukar cinderamata, seperti Vandel, Kapal Suropati Pasuruan, makanan khas Kota Pasuruan (Bipang Pasuruan), gantungan kunci, gasing, batik hasil karya siswa, permainan kapal tradisional (otok-otok) yang terbuat dari kaleng, serta permainan parasut. Di SK Seri Bintang Utara, anak – anak SD Al Kautsar Pasuruan juga menunjukkan kebolehannya dalam tampilan tari, tapak suci lalu disusul dengan siswa – siswi SK Seri Bintang Utara menunjukkan aktifitas membuat bangunan anti gempa.

Setelah bersilaturrahmi ke sekolah tujuan, rombongan menuju central market dan pabrik coklat. Ini merupakan kegiatan terakhir di negara Malaysia. Foto selfie dan foto group menjadi kegiatan menarik di tempat ini. Perjalanan kali ini juga tidak kalah seru, karena anak – anak bisa berfoto bersama di Menara kembar Petronas sekaligus bisa wisata belanja karena didalamnya terdapat mall yang sangat besar bernama KLCC. Menara kembar ini pernah menjadi bangunan tertinggi di dunia. Setelah itu rombongan menuju bandara untuk take off ke Surabaya, Indonesia.

Anak-anak sangat antusias dan gembira sekali dalam mengikuti program SD Al Kautsar Go International. Lewat program ini, anak – anak bisa mengikuti Study Tour ke negara Jiran Malaysia. Selain mengunjungi tempat – tempat wisata, anak – anak juga mengunjungi sekolah bertaraf Internasional di Malaysia.

Suyatno,S.Pd selaku Kepala Sekolah SD Al Kautsar Pasuruan mengakui, banyak manfaat yang dirasakan pihak sekolah dalam program SD Al Kautsar Go International. Selain menjalin hubungan kerjasama dengan sekolah luar negeri (penandatanganan MOU) juga untuk meningkatkan motivasi siswa dan guru dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Ternyata program ini bukan hanya menarik bagi siswa, tapi juga wali murid yang ikut mendampingi putra/putrinya ke Malaysia.

Write a comment