SD AL KAUTSAR KOTA PASURUAN MERAIH JUARA 1 BARONAS 2018

SD Al Kautsar mengikuti BARONAS (Lomba Robot Nasional) yang diselenggarakan oleh Fakultas Teknologi Elektro ITS. Acara tersebut mengusung tema “Intelligence Assistant For Better Living”dimana nantinya akan memperlombakan 4 Kategori yaitu SD, SMP, SMA dan Umum.

Sekolah kami mengikuti lomba kategori siswa SD yaitu “Courier Assistant”. Dimana robot yang diperlombakan adalah jenis Line Tracer Analog (LTA). Robot jenis ini mampu menyusuri garis dengan membedakan warna antara garis dengan lantai. Selain menyusuri garis, robot-robot ini juga harus memindahkan barang berupa kelereng.

Perlombaan ini dilaksanakan pada tanggal 31 Maret – 1 April 2018, SD Al Kautsar mengirimkan 4 siswa masing-masing duduk di kelas 4 yaitu:

  1. Muhammad Yusuf Aryaputra
  2. Kaysan Nawfal Ali
  3. Risqy Qorina Shofi Buhart
  4. Naura Zebadia Salsabila

Kualifikasi pertama dilaksanakan pada hari Sabtu 31 Maret 2018, seluruh peserta lomba yang berjumlah 168 menunjukkan kebolehannya masing – masing untuk mengumpulkan point sebanyak-banyaknya.

Selanjutnya untuk kualifikasi kedua dilaksanakan di hari Minggu, 1 April 2018 seluruh peserta menunjukkan kebolehannya dan mengumpulkan point. Peserta yang memiliki point terbanyak diambil 32 besar untuk penyisian pertama, 16 besar di penyisian kedua, 8 besar dipenyisian ketiga dan pada babak terakhir diambil 4 besar.

Hingga penentuan dari 4 besar tersebut siswi kami Ananda Naura Zebadia Salsabila mendapatkan Juara 1 Kategori Robotik Tingkat SD pada perlombaan Line Tracer Analog.

Bpk. Suyatno, selaku kepala sekolah menuturkan terima kasih yang sebesar – besarnya kepada para pelatih Ekstrakurikuler Robotik di SD Al Kautsar yaitu, Bpk. Ali, Bpk. Vito serta koordinator Ekstrakurikuler Bpk. Romzi yang penuh dengan kesabaran dalam membimbing siswa kami sehingga mencapai Juara 1.

Perlu diketahui Ekstrakurikuler Robotik di SD Al Kautsar sudah diadakan sejak tahun 2010. Meraka diajarkan membuat robot mulai dari nol hingga jadi. Untuk percobaan sejak dulu siswa-siswi diajak merakit robot dari yang sederhana mulai robot sikat gigi yang dibuat dari sikat gigi bekas dengan digerakkan menggunakan getar HP bekas sehingga menjadi robot. Untuk robot mobil Line Tracer siswa-siswi menggunakan mobil mobilan lalu dirakit dan diberi alat tambahan berupa sensor untuk mengenali garis.

Post author

Leave a Reply