Ramadhan Semangat Untuk Berbagi

Ramadhan, bulan yang selalu dirindu seluruh ummat muslim di muka bumi, sebab kerinduan itu, karena nilai ibadah diganjar seribu kali lipat dibandingkan dengan 11 bulan lainnya. Kedatangannya, tiap tahun tak henti jadi penghibur hati seorang mukmim.

Pahala tercurah, Ampunan Allah bertebaran memenuhi setiap ruang dan waktu. Seorang menyadari kurang bekal di masa perhitungan kelak, menyambut ramadhan dengan penuh sumringah.

Pada bulan suci ini, Allah juga menganjurkan salah satu ibadah yang luar biasa, yakni sedekah. Allah menegaskan dalam surah Al A’raf ayat 16, khusus amalan sedekah dilipat gandakan lagi sesuai kehendak Allah, kemudian ditambah lagi mendapatkan berbagai keutamaan sedekah. Pahala orang yang bersedekah di bulan Ramadhan akan dilipatgandakan pahalanya 10 sampai dengan 700 kali lipat.

Rasulullah saw menjelaskan; “sesungguhnya Allah SWT itu Maha Memberi, Ia mencintai pemurah serta ahlak yang mulia, Ia membenci Akhlak yang ¬†buruk.” (HR al Baihaqi).

Hadist Rasulullah itu bisa dipahami bahwa islam sangat membenci sifat pelit dan bakhil dan sifat suka meminta minta. tetapi sebaliknya seorang mukmin itu banyak memberi dan pemurah sebagaimana sabda Rasulullah ¬†“tangan diatas lebih baik dari pada tangan di bawah” (HR. Bukhari)

Dibulan yang suci ini tepatnya Sabtu, tanggal 4 Juli 2015 ada kegiatan yang menarik yaitu membagikan nasi kotak, dan beras ke beberapa panti asuhan dan tukang becak serta orang mampu di sekitar kota dan kabupaten pasuruan.

Kegiatan ini merupakan bagian dari pebelajaran dari siswa untuk menumbuhkan rasa cinta kepada sesama manusia, melatih untuk menjadi manusia yang berperangai pemurah serta menjauhkan dari sifat bakhil dan pelit.

SD Al Kautsar  (1)

Salah satu wali murid yang menyerahkan nasi kotak kepada panitia SD Al Kautsar

SD Al Kautsar  (2)

Penyerahan secara simbolik oleh satu satu siswa kelas VI ke Panti Asuhan Miftahul Huda Desa Umbulan Kab. Pasuruan

Dan kami selaku panita mengucapkan terimakasih kepada seluruh wali murid yang telah mendukung dan mensukseskan kegiatan bhakti sosial ini. Semoga semua amalan kebaikan yang dilakukan oleh siswa SD Al Kautsar beserta walimurid akan diterima dan dilipatgandakan oleh Allah SWT. Amin Ya Robaal Alamin

Post author

Leave a Reply