Lebih Banyak Pilihan Ekskul

Ekstrakurikuler (disingkat ekskul red) adalah kegiatan yang dilakukan siswa sekolah atau universitas, di luar jam belajar kurikulum standar. Kegiatan-kegiatan ini ada pada setiap jenjang pendidikan dari sekolah dasarsampai universitas. Kegiatan ekstrakurikuler ditujukan agar siswa dapat mengembangkan kepribadian, bakat, dan kemampuannya di berbagai bidang di luar bidang akademik. Kegiatan ini diadakan secara swadaya dari pihak sekolah maupun siswa-siswi itu sendiri untuk merintis kegiatan di luar jam pelajaran sekolah.

Ada banyak sekali manfaat dari ekskul ini antara lain :

  • Berpartisipasi dalam kegiatan lain setelah sekolah dapat membantu anak menentukan prioritas dan membagi waktu antara pekerjaan rumah, tugas sekolah, dan kegiatan lain di luar rumah.
  • Jika anak menyukai kegiatan ekstrakurikuler tertentu, misalnya basket, mereka pastinya menyadari bahwa memerlukan komitmen dan kedisiplinan yang kuat untuk menguasainya. Disini mereka akan belajar untuk menentukan tujuan dan lebih disiplin.
  • Sikap keingin-tahuan anak terhadap hal-hal baru akan mendorong mereka untuk lebih bereksplorasi, mencoba tantangan baru, mendapat teman baru, dan membangun kepercayaan diri.
  • Diluar kelas biasanya anak akan lebih mudah mengekspresikan sisi emosionalnya. Hal ini akan memberikan kesenangan dari diri si anak yang akan dapat menyeimbangkan otak kiri dan otak kanannya.
  • Berhubungan dengan orang-orang dalam satu klub ekstrakurikuler akan membantu nak mengasah keterampilan kepemimpinan, inisiatif, dan perencanaan.
  • Jenny Edmonds di Murdoch University School of Psychology mengatakan kegiatan ekstrakurikuler penting untuk sosialisasi. “Anak-anak belajar untuk menguasasi keterampilan formal seperti berhubungan dengan temannya, bermain baik secara individu maupun kerjasama tim. Ini tentunya akan membantu anak menghadapi kehidupan dan menyesuaikan dalam kehidupan orang dewasa nantinya.
  • Ikut ambil bagian dalam komunitas dapat meningkatkan harga diri anak, kebahagiaan dan mengajarkan anak akan nilai-nilai yang ada dalam komunitas tersebut. Ini penting bagi kesiapan anak pada saat terjun dalam kehidupan bermasyarakat nanti.

Dalam kegiatan ekstrakurikuler  ini untuk meningkatkan bakat – bakat siswa – siswi ,SD Al Kautsar memberikan banyak pilihan dalam mengikuti ekskul, pilihan ekskul tersebut adalah :

1. Pramuka (III, IV, V)

2.Seni Tari (I, II ,III)

3.Piano dan Orgen (III, IV, V, VI)

4. Qiroat (III ,IV ,V ,VI)

5. Pidato (III, IV, V, VI)

6. Tapak Suci (Semua Kelas)

7. Al Banjari (III, IV, V, VI)

8. Fotografi (IV, V, VI)

9. MarchingBand (IV, V)

10. Sepak Bola (Semua Kelas)

11. Robotic (Semua Kelas)

Selamat memilih ekskul favorit kalian


Post author

There are 1 Comment

  1. Posted by syafa" Reply

    tolong di update jadwal ekskulnya juga dong. makasih….

Leave a Reply