Kunjungan SD Al Kautsar ke Markas TNI Al Surabaya

Rabu, 7 Mei 2014 Kelas 5 SD Al Kautsar berkunjung ke tempat Markas TNI AL di Surabaya yang berpusat di Tanjung Perak Surabaya, untuk mengetahui kapal – kapal cangih yang digunakan oleh TNI AL dalam peperangan.

Sebelum ke  markas TNI AL siswa – siswi berkunjung ke Museum TNI al yang disebut Loka Jala Crana, museum tersebut  didirikan pada tanggal 19 September 1969, dengan nama Museum Akabri Bagian Laut, yang diresmikan oleh Ibu R. Mulyadi. Sesuai dengan namanya semula “ hanya diperuntukkan bagi Taruna Akabri Bagian Laut” sebagai media pembelajaran sejarah. Seiring dengan perkembangannya Museum ini diganti nama menjadi Museum TNI AL pada tanggal 10 Juli 1973. Pada 6 Oktober 1979 namanya diubah lagi menjadi Museum Loka Jala Crana.

Yang unik di museum tersebut yaitu ada planetarium, yang mana di Indonesia hanya punya 3 planetarium, planetarium adalah gedung teater untuk memperagakan simulasi susunan bintang dan benda-benda langit. Atap gedung biasanya berbentuk kubah setengah lingkaran. Di planetarium, siswa-siswi SD Al Kautsar  bisa belajar mengenai pergerakan benda-benda langit di malam hari dari berbagai tempat di bumi dan sejarah alam semesta. Planetarium berbeda dari observatorium. Kubah planetarium tidak bisa dibuka untuk meneropong bintang.

Berikut foto-foto kegiatan

SD Al KautsarSejarah singkat yang disampaikan oleh pemandu dari Museum Jala Loca Crana

IMG_0691 copy

Mengenal benda benda di langit di ruangan setengah lingkaran atau planetarium

IMG_0748 copy

Diatas KRI Dewantara siswa – siswi melakukan pengamatan terhadap kapal tersebut

IMG_0763 copy

Tanya Jawab siswi SD Al Kautsar kepada salah satu  ABK KRI Dewantara

IMG_0792 copy

Dibawah kaki Monumen Jalesveva Jayamahe

IMG_0807 copy

Foto bersama dibawah Monumen Jalesveva Jayamahe

Semoga dalam kunjungan tersebut dapat menambah ilmu pengetahuan dan pengalaman untuk siswa- siswi kelas 5 pada umumnya.

Post author

Leave a Reply